PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA MODEREN (1800M-SEKARANG )
Dengan adanya penyimpangan-penyimpangan tersebut mendorong munculnya para penggagas dan pembaharu Muslim yang berusaha menyadarkan terhadap penyimpangan penyimpangan yang telah di lakukan agar kembali jalan yang di ridhoi allah SWT. Tokoh-tokoh tersebut antara lain :
2.ilmu pengetahuan di mesir
3.ilmu pengetahuan di turki
sultan Mahmud II dari kesultanan turki (1785-1839) mengadakan pembaharuan ,antara lain memasukan kurikulum ilmu pengetahuan ke dalam lembaga pendidikan islam ,mendirikan lembaga pendidikan “maktebi ma’arif”. Di samping itu ,sultan Mahmud IImendirikan perguruan-perguruan tinggi di bidang kedokteran,militer,dan teknologi.
4.perkembangan di bidang budaya
B. perkembangan islam pada periode modern.
Dengan adanya penyimpangan-penyimpangan tersebut mendorong munculnya para penggagas dan pembaharu Muslim yang berusaha menyadarkan terhadap penyimpangan penyimpangan yang telah di lakukan agar kembali jalan yang di ridhoi allah SWT. Tokoh-tokoh tersebut antara lain :
1. Muhammad bin Abdul Wahap
Beliau lahir di Nejd(arab Saudi) pada tahun1115H(1703M) dan wafat di Daryah tahun 1201H(1787M) beliau seorang ulama besar yang froduktif terbukti dengan karangan bukunta tentang islam .Diantaranya bukunya berjudul “kitab at tauhid “.
2. Rifa’ah Badawi Rafi At Tahtawi atau At Tahw
Lahir di Tahta tahub1801.pemikirannya tentang ajaran islam adalah antara lain menyeru kepada umat islam agar hidup di dunia tidak hanya memikirkan kehidupan akhirat saja ,tetapi harus juga memikirkan kehidupan dunia ,agar umat islam tidak dijajah oleh bangsa lain
3.Jamaludin Al Afghani
Lahir di Afganistan tahun 1839M. Wafat di istambul Turki tahun1897M.pembaharuan pemikiran yang di munculkan ,antara lain mengajak umat islam kembali kepada ajaran yang murni ,mengajak para kaum wanita untuk biSa meraih kemajuan dan bekerja sama dengan kaum laki-laki ,kepemimpinan otokrasi di
Beliau lahir di Nejd(arab Saudi) pada tahun1115H(1703M) dan wafat di Daryah tahun 1201H(1787M) beliau seorang ulama besar yang froduktif terbukti dengan karangan bukunta tentang islam .Diantaranya bukunya berjudul “kitab at tauhid “.
2. Rifa’ah Badawi Rafi At Tahtawi atau At Tahw
Lahir di Tahta tahub1801.pemikirannya tentang ajaran islam adalah antara lain menyeru kepada umat islam agar hidup di dunia tidak hanya memikirkan kehidupan akhirat saja ,tetapi harus juga memikirkan kehidupan dunia ,agar umat islam tidak dijajah oleh bangsa lain
3.Jamaludin Al Afghani
Lahir di Afganistan tahun 1839M. Wafat di istambul Turki tahun1897M.pembaharuan pemikiran yang di munculkan ,antara lain mengajak umat islam kembali kepada ajaran yang murni ,mengajak para kaum wanita untuk biSa meraih kemajuan dan bekerja sama dengan kaum laki-laki ,kepemimpinan otokrasi di
rubah menjadiDemokrasi,Artinya islam menghendaki pemerintahan republic yang
di dalam nya terdapat kebebasan mengemukakan pendapat dan Negara wajib
tunduk kepada undang-undang ,dan Plan Islamisme yaitu persatuan dan
kesatuan umat islam harus ada karena hal tersebut di atas segalanya.
C.
Contoh Perkembangan Islam Modern
1.Ilmu pengetahuan di india
ide pembaharuan di india dan Pakistan pertamakali di cetuskan oleh syekh Waliyulloh pada abad ke 18 .kemudian di teruskan oleh anaknya syekh Abdul Aziz (1746-1823)dan di kembangkan oleh syekh Waliyulloh dan Sayid Ahmad Syahid.
1.Ilmu pengetahuan di india
ide pembaharuan di india dan Pakistan pertamakali di cetuskan oleh syekh Waliyulloh pada abad ke 18 .kemudian di teruskan oleh anaknya syekh Abdul Aziz (1746-1823)dan di kembangkan oleh syekh Waliyulloh dan Sayid Ahmad Syahid.
2.ilmu pengetahuan di mesir
pembaharuan
di mesir di ilhami dari pembaharuan yang dilakukan Sayid Jamaludin al Afghani
di Turkisehingga muncul tokoh-tokoh pembaharu di mesir seperti Muh.Abduh
,Muh.Rasyid Ridha ,Tooha Husein ,san yusuf Al qardawi.
3.ilmu pengetahuan di turki
sultan Mahmud II dari kesultanan turki (1785-1839) mengadakan pembaharuan ,antara lain memasukan kurikulum ilmu pengetahuan ke dalam lembaga pendidikan islam ,mendirikan lembaga pendidikan “maktebi ma’arif”. Di samping itu ,sultan Mahmud IImendirikan perguruan-perguruan tinggi di bidang kedokteran,militer,dan teknologi.
4.perkembangan di bidang budaya
kebudayaan
adalah hasil cipta dan karsa dari manusia untuk manusia itu
sendiri dari masa ke masa kebudayaan semakin berkembang . termasuk
didalamnya perkembangan budaya islam yang meliputi
arsitektur,sastra ,dan kaligrafi .
Masa moderen dalam sejarah islam di katagorikan bermula dari tahun 1800 M
dan berlangsung pada masa sekarang yang di tandai dengan gerakan pembaruan
dalam berbagai bidang. Saat islam mengalami kemunduran, bangsa Eropa justru
mengalami kemajuan luar biasa dalam lapangan kebudayaan, ekonomi, ilmu
pengetahuan, dan teknologi, Oleh karena itu, pada periode ini kondisi dunia
islam berada di bawah pengaruh kolonialisme dan imperialisme Eropa tersebut.
Dalam perjalanan sejarah, baru pada pertengahan abad 20M, dunia islam
bangkit memerdekakan negrinya dari penjajahan. Periode ini memang merupakan
zaman kebangkitan kembali islam setelah mengalami kemundururan di periode
pertengahan. Adapun inspirasi kebangkitan di mulai pada saat Napoleon Bonaparte
menduduki Mesir di tahun 1798M. Meskipun penduduk tersebut tidak berlangsung
lama, tetapi hal itu meninggalkan kesan yang mendalam pada diri umat islam tentang
kemajuan Eropa dan ketertinggalan peradaban kaum muslim. Kesadaran ino lah yang
kemudian berubah menjadi berubah menjadi sebuah upaya dan agenda besar umat
islam di abad moderen ini guna melakukan pembaruan dan modernisasi.
D. Perkembangan Agama, Politik, Ekonomi
1. Perkembangan Agama
Masa moderen ini memberi landasan intelektual bagi pembaruan di berbagai
bidang, termasuk dalam bidang Agama. Dalam istilah Arab, pembaruan di kenal
dengan nama Tajdid. Adapun secara istilah, Tajdid di formulasikan sebagai upaya
dan aktivitas untuk mengubah kehidupan umat islamdari keadaan yang sedang
berlangsung kepada keadaan yang hendak di wujudkan demi upaya kesejahteraan,
baik di dunia maupun di akhirat, di kehendaki oleh islam. Kata pembaharuan
islam mempunyai makna”modernisasi”, yaitu ajaran islam yang bersifat relatif
dan terbuka untuk perubahan serta pembaruan.
Islam adalah agama yang memberi kebebasan kepa umatnya untuk
mengekspresikan diri asalkan sesuai dengan kaidah ajaran islam Dan sejalan
dengan tujuan penciptanya, yakni untuk beribadah kepada Allah SWT. Perjalanan
sejarah umat islam telah membuktikan bahwa setiap saat ada umat yang senantiasa
berposisi sebagai pemberi motivasi atau pembaru bagi masyarakat.
Salah satu pelopor pembaru dalam dunia islam Arab adalah satu aliran yang
bernama Wahabiah yang sangat berpengaruh di abad ke-19. Pelopornyo adalah
Muhammad bin Abdul Wahab (1703-1787M) yang berasal dari Nejed, Saudi Arabia.
Pemikiran yang dikemukakan oleh Muhammad bin Abdul Wahab adalah upaya untuk
memperbaiki kedudukan umat islam dan merupakan reaksi terhadap paham tauhid
yang terdapat di kalangan umat islam saat itu. Paham tauhid mereka telah
tercampur aduk oleh ajaran tarikan yang sejak abad ke-13 tersebar luas di
dunia.
Di setiap negara islam yang dikunjunginya, Muhammad bin Abdul Wahab melihat
makam syekh tarika yang bertebaran. Setiap kota, ke makam itu lah umat islam
pergi dan meminta pertolongan dari syekh, syekeh atau wali yang telah meninggal
dunia di pandang orang yang berkuasa. Perbuatan ini merupakan paham Wahabiah
termasuk syirik karena permohonan tersebut tidak di paham lagi dipanjatan
kepada Allha SWT.
Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila Muhammad bin Abdul Wahab
memutuskan perhatiannya pada persoalan ini. Ia memiliki pokok pemikiran sebagai
berikut.
- Yang harus di sembah hanyalah
Allah SWT. Dan orang yang menyembah selain dari-Nya telah diinyatakan
musyrik.
- Kebanyakan orang islam bukan
lagi penganut paham tauhid yang sebenarnya karena mereka meminta
pertolongan bukann lagi kepada Allah, melainkan dari syekeh. Orang islam
yang berperilaku demikian dinyatakan musyrik
- Menyebut nama nabi,syekeh,atau
malaikat sebagai pengantar dalam doa juga dikatakan sebagai syirik.
- Meminta syafaat selain kepada
Allah adalah juga merupakan syirik
- Benazar kepada selain dari
Allah juga perbuatan syirik
- Memperoleh pengetahuan selain
Al Quran, hadis, dan kias merupakan ke kufuran
- Tidak percaya kepada kada dan
kadar Allah merupakan kekufuran
- Menafsirkan Al Quran dengan
takwil atau interpretasi bebas juga termasuk kekufuran.
Untuk mengembalikan kemurnian tauhid tersebut, makam-makam yang banyak
dikunjungi dengan tujuan mencari syafaat, keberuntungan, dan lain-lain sehingga
membawa kepada paham syirik. Pemikiran-pemikiran Muhammad bin Abdul Wahab yang
mempunyai pengaruh pada perkembangan pemikiran pembaruan di abad ke-19 adalah
sebagai berikut:
- Hanya Al Qurandan hadis yang
merupakan sumber asli ajaran-ajaran islam. Pendapat ulama bukanlah merupakan
sumber.
- Taklid kepada ulama tidak
dibenarkan
- Pintu ijtihad senantiasa
terbuka dan tidak tertutup.
Muhammad bin Abdul Wahab merupakan pemimpin yang aktif berusaha mewujudkan
pemikirannya. Pemikiran Muhammad bin Abdul Wahab juga di kembangkan di
indonesia yang awalnya di bawa oleh haji asal minangkabau, yaitu Haji Miskin,
Haji Piobang, Haji Sumanik.
2. Perkembangan Politik
Terdapat dua agenda pemburuan dalam masyarakat islam tentang perkembangan
politik yaitu:
a. Persoalan Internasional Politik Islam
Jamaluddin AL Afgani merupakan tokoh utama penggagas internasionalisme.
Islam secara politik. Menurut Al Afgani, umat islam harus menyatukan barisan
dan kekuatannya dalam satu bentuk Pan-Islamisme. Halini menjadi sangat penting
untuk membentengi diri umat Islam dari dominasi penjajahan Barat. Konsep
nasionalisme, yang membuat umat islam terpecah-pecah dan terkotak-kotak dalam
sekian banyak notion-state, tidak akan konduktif dan tidak dapat diharapkan untuk
menghadapi dominasi Barat tersebut.
b. Persoalan Hubungan Agama dengan Konsep Negara dalam Islam
Respon umat islam terhadap masalah ini
muncul dalam tiga bentuk, respon kalangan modermis, revivalis, dan sekularis.
Menurut kalangan revivalis, bentuk negara islam harus di kembalikan ke dalam
bentuk pengalaman awal sejarah umat islam . Menurut tokohnyo, Abul A’la Al
Mududin, kedalutan tertinggi dalam islam adalah Tuhan,Oleh karena itu, Al Quran
haruslah menjadi konstituti dasar suatu negara islam.
Bagi kalangan Modernis, Bentuk Negara
islam di serahkan sepenuhnya kepada kebutuhan zamannya masing-masing, Yang
terpenting adalah bahawa pengelolahan politiknya harus mempunyai landasan etik
Islam yang kuat.
Yang paling kontrovesial adalah kalangan
sekularis. Berawal dengan menjelaskan sifat kepemimpinan Nabi, Ali Abdurraziq
sampai pada kesimpulan bahwa islam tidak mengatur masalah –masalah kenegaraan,
tidak memerintahkan, dan juga tidak melarangnya. Hal ini tampak dalam
kepemimpinan Nabi yang murni bersifat keagamaan. Muhammad dalam pandangan Ali
Abdurraziq, menyerahkan sepenuhnya masalah kenegaraan kepada umat islam secara
rasional dan berdasarkan pengalaman historisnya masing-masing untuk mengatur,
mengelola, dan memformat negaranya.
3. Perkembangan Ekonomi
Perekonomian penduduk yang merupakan
syarat utama bagi kelangsungan hidup dan hal ini disadari oleh Kerajaan Usmani
sebagai negara yang mengalami awal masa pembaruan. Maka dalam hal perekonomian,
Kerajaan Usmani melakukan hal-hal berikut:
- Pada periode pertama, Usmani bertujuan menguasai
beberapa jalur perdagangan dan beberapa sumner produktif.
- Berbagai produk dari Irian, Teluk Persia, dan,
Laut Merah membantu dalam menjadikan Usmani sebagai pusat
perdagangan yang makmur.
- Beberapa rute haji mengantar warga dari berbagai
wilayah Kerajaan Usmani ke Mekah dan Madinah. Mekah merupakan sebuah kota
pusat perdagangan rempah-rempah, mutiara, lada, dan kopi.
- Penyediaan sarana kendaraan haji di Damaskus,
Koiro, dan Bagdad menjadi kegiatan bisnis yang penting.
- Dalam rentangan abad 15 dan 16, Basrah menjadi
pusat perdagangan terbesar di Anotolia serta berbagai dermaga terbesar
dalam pertukaran barang –barang.
- Kota Istambul di bangun dengan merekontruksi
beberapa institusi publik seperti sekolah, rumah sakit, tempat pemandian
umum, dan tempat pengapdian.
- Pada abad 17 dan 18, berlangsung perubahan
situasi yang sangat menonjol dalam sistem kerajaan Usmani, artinya terjadi
pula pecahnya peperangan yang berkepanjangan antara petinggi pusat dan
petinggi lokal untuk memperebutkan kekuasaan terhadap pendapatan atas
pajak produksi penduduk.
B. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi
Beberapa tokoh yang terkenal dalam dunia
ilmu pengetahuan atau pemikiran islam tersebut antara lain sebagai berikut:
1. Jamaluddin Al Afgani (Iran Turki 9
Maret 1897)
Salah satu sumbangan terpenting di dunia
islam diberikan oleh Sayid Jamaluddin Al Afgani. Gagasan mengilhami kaum muslim
di turki, iran, mesir, dan india.
2. Muhammad Abduh (Mesir 1849-1905) dan
Muhammad Rasyid Rida
Guru dan murid tersebut sempat
mengunjungi beberapa negara Eropa dan terkesan dengan pengalaman mereka di
sana. Rasyid Rida mendapat pendidikan islam tradisional dan mengguasai bangsa
asing.
3. Toha Husein (Mesir Selatan 1889-1973)
Toha Husein adalah seorang sejarawan dan
filsuf yang amat mendukung gagasan Muhammad Ali Pasya. Ia merupakan seseorang
pendukung modernisme yang gigih.
4. Sayid Qutub (Mesir 1906-1966)dan
Yusuf Al Qardawi
Al Qardawi menekankan perbedaan
modernisasi dan pembaratan. Jika modernisasi yang dimaksud bukan berarti upaya
pembaratan dan memiliki batasan pada pemanfaatan ilmu pengetahuan modern serta
peneratan teknologinya, maka Islam tidak menolaknya, bahkan mendukungnya.
5. Sir Sayid Ahmad Khan (India
1817-1898)
Sir Sayid Ahmad Khan adalah pemikir yang
menyerukan saintifikasi masyarakat muslim. Seprti halnya Al Afgani, ia
menyerukan kaum muslim untuk meraih ilmu pengetahuan moderen. Akan tetapi,
berbeda dengan Al afgani, ia melihat adanya kekuatan yang membebaskan dalam
ilmu pengetahuan dan teknologi moderen.
6. Sir Muhammad Iqbal (Punjab 1873-1938)
Generasi awal abad ke-2 adalah Sir
Muhammad Iqbal yang merupakan salah seorang muslim pertama dfi anak benua india
yang sempat mendalami pemikiran Barat moderen dan mempunyai latar belakang
pendidikan yang bercorak tradisional intelektual islam.
C. Perkembangan Seni dan Budaya
Hal yang dapat di pelajari di berbagai
negara islam atau negara yang berpenduduk mayoritas umat islam adalah:
1. Arsitektur
Arsitektur ada yang berfungsi melayani
keagamaan, seperti masjid, makam, madrasa dan adapula yang berfungsi melayani
kepentingan sekunder, seperti istana, benteng, jalan-jalan raya, karava
serai.Di bidang perhotelan telah di bangun hotel-hotel mewah bertaraf
internasional antara lain :
Masjidil Haram artinya masjid yang di
hormati atau dimuliakan. M asjid ini berbentuk empat persegi terletak di
tengah-tengah kota mekah, Masjid ini merupakan masjid tertua di dunia.
Masjid Nabawi adalah Masjid yang megah
dan indah serta sangat luas.Masjid Nabawi bertahmbah megah dan indah dengan
adanya sepuluh buah manara yang menjulang tinggi, 95 buah pintu yang lebar dan
indah, dan juga kubah masjid yang dapat terbuka dan tertutup.
Sekarang ini Tehera merupakan salah satu
kota terbesar di Asia. Bangunan arsitektur peninggalan Dinasti Qatar yaitu:
- Istana Niavarand, tempat kediaman Syah Muhammad
Reza Pahlepi dan keluarganya
- Pengkuburan Behesyyti Zahara, Pekuburan ini
tempat dimakamkah puluhan ribu pahlawan Revolusi islam.
2. Sastra
Pada masa pembaharuan telah bermunculan para sastrawan yang berkarya sastranya bersifat islami di berbagai negara, misalnya
Pada masa pembaharuan telah bermunculan para sastrawan yang berkarya sastranya bersifat islami di berbagai negara, misalnya
- Seorang
sastrawan dan pemikir besar, menjelang abad ke-20 telah lahir di Pskitan
(1877-1938)yang bernama Muhammad Iqbal, ia telah mengungkapakan filsafat
tentang puisi menggunakan bahasa Urdu dan Persi.
- Mustafa
Lutfi Al-Manfaluti (1876-1926) seorang sastrawan dan ulama Al Azhar
- Dr.
Muhammad Husain Haekal (1888-1956) pengarang yang telah menulis Hayatu
Muhammmad
- Jamil
Sidiq Az-Zahawi (1863-1936)seorang perintis sajak moderen dan seorang
penyair tua
- Abdus
Salam Al-Ujaili (Lahir 1918)Seorang sastrawan di Suriah dan juga seorang
dokter medis
- Aisyah
Abdurrahman seorang dokter dalam sastra klasik
3.Kligrafi
Kata Kaligrafi berasal dari Bahasa
Yunani: Kaligrafia atau kaligraphos. Kallos berarti
indah gropho berarti tulisan.jadi kaligrafi berarti indah yang
mempunyai nilai estetis.
Perhatian umat islam indonesia terhadap
seni kaligrafi cukup bagus. Hal ini ini di tandai antara lain:
- Diadakan pameran lukisan kaligrafi nasional
- Di selengarakannya Mussabaqah
khaaf indah Al-Quran dalam setiap MTQ.
KATA MUTIARA :
kesedihanmu ,kebahagianmu ,adalah ketetapan dari sepersekian dari takdir yang telah ditetapkannya.tidak usah bersedih atas apa yang kau sendiriharus sejenak rehat dari pilihan yang kau pilih .
Komentar
Posting Komentar